Arti dari NFT, Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

By | December 22, 2021

Yuk kenali apa sih itu arti dari NFT, fungsi dan cara kerjanya.

Belakangan ini NFT memang sedang ramai dibicarakan di jagat sosial media. Tetapi tahukah kamu apa Itu NFT, istilah yang digaungkan. NFT atau non-fungible token adalah asset digital yang sedang populer. NFT ialah asset digital yang sebagai wakil asset di dunia riil. Ini ibarat sertifikat digital untuk mereka yang mempunyai photo, video atau wujud virtual yang lain.

Ternyata, NFT merupakan akronim dari non-fungible token atau token yang sifatnya ‘non-fungible’. Secara istilah dipat diartikan-kurang lebih-unik dan tidak dapat diganti dengan yang lain. Misalnya, bitcoin, dapat dipertukarkan antara yang satu dengan yang lain dan yang didapat adalah barang yang sama persis.

Jadi, pada dasarnya NFT adalah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain. Tak jauh berbeda dengan beberapa aset mata uang kripto, bedanya NFT tidak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan. Umumnya, NFT saat ini digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital. Yang dibeli di sini adalah NFT-nya, sebagai sebuah tanda kepemilikan sebuah karya seni.

Apa Itu NFT, Lengkap Fungsi dan Cara Kerjanya

Bahkan juga tidak sekedar hanya kreasi seni, NFT diprediksikan bakal menjadi sisi masa datang industri games. Ini akan terdaftar di blockchain. Jika sudah dienkripsi di blockchain, faksi lain tidak bisa menggandakan atau menduplikasi asset itu. Sebetulnya, NFT telah ada semenjak tahun 2014.

Tetapi, NFT baru terkenal belakangan ini karena banyak mulai seniman digital yang memperdagangkan produknya. Tiap kreasi seni, cuman ada satu NFT dan hal itu diperlihatkan melalui code identitas yang unik.

Simpelnya, apa itu NFT sebagai poin seperti koleksi fisik, tetapi memiliki bentuk saja yang lain, yaitu digital.

Read Also :   Kapan Rilis Skin Estes M3 Blacklist? Ini Tanggal & Cara Dapatnya!

Maka bila kamu umumnya memperoleh lukisan berbentuk fisik, ini kali kamu akan memperoleh file digital bila beli NFT. Selainnya itu, kamu bisa juga memperoleh hak punya, jadi NFT itu cuman dapat dipunyai oleh seseorang saja.

Karena itu, tidaklah aneh bila kreasi seni digital ini lebih banyak yang berharga beberapa ratus juta sampai miliaran rupiah.

Cara kerja NFT

Cara kerja NFT ada di blockchain, yaitu buku kas besar atau ledger yang menulis tiap transaksi bisnis yang terjadi di jaringan itu. Kamu yang bermain dengan kripto kemungkinan sudah tidak asing dengan blockchain sebagai proses syarat yang bisa membuat mata uang kripto terlaksanakan.

Transaksi bisnis NFT sendiri umumnya dilaksanakan lewat blockchain ethereum. Dengan beli NFT, kamu dapat memperoleh hak punya dan jadi salah satu orang yang mempunyai satu kreasi seni yang kamu membeli.

Fungsi NFT

NFT berperan untuk mengidentifikasi pemilikan dari sebuah poin secara digital. Kita bisa membandingkan mana pemilik asli yang mana menjualnya lewat NFT. Di zaman digital saat ini, kita dapat memperoleh gambar, lagu, video dan lain-lain secara mudah. Ini membuat jumlahnya poin asli yang di duplikat.

Kehadiran NFT dapat tutup rutinitas ini karena tidak dapat diganti atau disalin sebagai token yang baru dan memiliki sifat unik hingga kita dapat secara mudah memeriksa mana arsip asli dan yang mana palsu.

Proses klarifikasi yang dijajakan juga makin gampang karena NFT ada secara khalayak namun tetap aman. Maka kita tak perlu repot mengontak lembaga berkaitan seperti perusahaan cap untuk mengeklaim sebuah poin.

Mungkin hanya sedikit penjelasan apa itu NFT dari saya mengenai lengkap dengan cara kerja dan fungsinya. Semoga artikel nya bermanfaat untuk yang membacanya. Sekian dari saya terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *